Our Services

Mobirise

Berdasarkan Bidang Pekerjaan

√ Lingkungan Hidup & Kehutanan
√ Pertanian & Perkebunan
√ Perikanan & Kelautan
√ Pertambangan & Energi
√ Konstruksi Terbatas 

Mobirise

Berdasarkan Jasa Layanan

manajemen dan perencanaan, survei dan pemetaan yang terintegrasi dengan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis, analisis pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan, analisis pengelolaan dan pemantauan dampak sosial, perizinan dan legal permit, evaluasi dan penilaian, perencanaan pemasaran, permodelan, penelitian dan pendampingan proses sertifikasi.

Mobirise

Berdasarkan Objektifitas

Ekonomi dan investasi, sosial dan budaya, biofisik dan konservasi serta kebijakan publik dan kelembagaan.

Scope of Work

Peluang berinvestasi pada usaha pemanfataan sumberdaya alam Indonesia masih sangat terbuka dan potensial. Hanya saja pola usaha yang bersifat eksploitatif, bermanfaat sesaat, serta terbatas untuk golongan tertentu saja, terbukti telah menyisakan kerusakan dan bencana di berbagai bentang alam Indonesia.

Selain bagi kebutuhan kajian pekerjaan internal lingkup MeTTa, Laboratorium Analisis Ekonomi dan Investasi MeTTa ditujukan pula bagi pengukuran, penilaian, dan dasar penetapan kepastian usaha yang akan atau telah dilakukan oleh stakeholder lainnya (swasta, pemerintah, lembaga/institusi, masyarakat) dalam pemanfataan sumberdaya alam, secara ekonomi.

Bersama bidang penunjang lainnya, hasil analisa ekonomi dan investasi ini akan terintegrasi menjadi sebuah perencanaan usaha yang tepat guna, realistis, terjamin kelestariannya, serta dapat dipertangunggugatkan akuntabilitasnya.

Aspek Sosial dan Budaya masih ditempatkan pada urutan terakhir dalam pembangunan. Masalah sosial dan budaya yang diidentikkan dengan perilaku serta tingkat kesejahteraan masyarakat di Indonesia, masih senantiasa dijadikan obyek wacana pembangunan, yang tiada pernah berakhir nyata. Bahkan banyak pula yang menyalahkan serta memanfaatkan kejadian tidak menguntungkan (bencana, wabah, dan lainnya) di masyarakat, sebagai obyek penelitian, pendampingan, atau pembangunan.

Selain bagi kebutuhan kajian pekerjaan internal lingkup MeTTa, Laboratorium Analisis Sosial dan Budaya MeTTa ditujukan pula bagi pengukuran, penilaian, dan dasar penetapan kelayakan dan tolak ukur keberhasilan usaha, baik profit maupun nirlaba, yang akan atau telah dilakukan oleh stakeholder lainnya (swasta, pemerintah, lembaga/institusi, masyarakat) dalam pemanfataan sumberdaya alam, secara sosial.

Bersama bidang penunjang lainnya, hasil analisa sosial dan budaya ini akan terintegrasi menjadi sebuah perencanaan usaha yang tepat guna (sesuai dengan diversifikasi karakter masyarakat Indonesia), realistis, terjamin kelestariannya, serta dapat dipertangunggugatkan implementasinya.

Peluang berinvestasi pada usaha pemanfataan sumberdaya alam Indonesia masih sangat terbuka dan potensial. Hanya saja pola usaha yang bersifat eksploitatif, bermanfaat sesaat, serta terbatas untuk golongan tertentu saja, terbukti telah menyisakan kerusakan dan bencana di berbagai bentang alam Indonesia.

Selain bagi kebutuhan kajian pekerjaan internal lingkup MeTTa, Laboratorium Analisis Biofisik dan Biodiversiti/Konservasi MeTTa ditujukan pula bagi pengukuran, penilaian, dan dasar penetapan kepastian usaha yang akan atau telah dilakukan oleh stakeholder lainnya (swasta, pemerintah, lembaga/institusi, masyarakat) dalam pemanfataan sumberdaya alam, secara ekonomi.

Bersama bidang penunjang lainnya, hasil analisa ekonomi dan investasi ini akan terintegrasi menjadi sebuah perencanaan usaha yang tepat guna, realistis, terjamin kelestariannya, serta dapat dipertangunggugatkan akuntabilitasnya. 

Tata praja yang baik (Good Governance) sebagaimana tuntutan era-reformasi, desentralisasi dan globalisasi yang masih terus digulirkan. Ketetapan dan konsisteni regulasi menjadi salah satu instrumen kepastian hukum dan kepastian berbagai usaha pembangunan di Indonesia. Kajian kebijakan, berikut hirarki dan perkembangannya, menjadi perhatian Laboratorium Analisis Legal-Formal (Kebijakan Publik dan Kelembagaan) MeTTa dalam kaitannya dengan pemanfataan SDA, untuk senantiasa dievaluasi, dimonitor dan dikembangkan.

Bersama bidang penunjang lainnya, hasil analisa legal-formal dan kelembagaan ini akan terintegrasi menjadi sebuah perencanaan setiap bidang pembangunan yang konsisten, realistis, serta dapat dipertangunggugatkan secara hukum.

Our Division

Sebuah unit pelaksana teknis MeTTa yang memfasilitasi para mitranya dalam membangun perencanaan dan evaluasi perkembangan kegiatan usahanya, baik yang bersifat profit maupun nirlaba, meliputi aspek ekonomi, sosial, dan ekologis. Jasa konsultansi yang senantiasa difasilitasi oleh MeTTa meliputi bidang lingkungan hidup & kehutanan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan & energi, industri, sipil, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan.

Sebuah unit pelaksana teknis MeTTa yang memfasilitasi kebutuhan para mitranya terhadap perencanaan dan evaluasi setiap bentuk pembangunan berbasis data dan informasi geo-spasial yang akurat.

Jasa konsultansi yang senantiasa difasilitasi oleh Unit MeTTa ini meliputi:

√  Pengadaan dan analisis data spasial, mulai dari data spasial berupa peta, potret udara, citra satelit, survey (ground truthing), serta pengolahan dan analisis data sesuai dengan kebutuhan mitra/penggunanya.
√  Manajemen data spasial, mulai dari design, pembuatan, dan pengelolaan data berbasis spasial sesuai dengan kebutuhan Mitra/penggunanya.
√  Pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai untuk aplikasi Sistem Informasi Geografis (Geographic Informastion System/GIS) dan Penginderaan Jauh (Remote Sensing/RS).
√  Pelatihan dengan berbagai tingkatan program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra/penggunanya, dalam rangka peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dibidang GIS dan RS.

Sebagai upaya mensosialisasikan pemanfataan teknologi GIS dan RS di Indonesia, maka MeTTa memfasilitasi Pembangunan dan Pendampingan Laboratorium Perencanaan Terpadu berbasis teknologi ini bekerjasama dengan lembaga non-pemerintah internasional maupun institusi pemerintah daerah terkait. Dengan tujuan peningkatan kapasitas institusi dan sumberdaya manusia didalamnya, program ini telah membantu pemerintah, lembaga, maupun masyarakat untuk membuat sebuah perencanaan yang tepat guna dan terevaluasi keberhasilannya secara mandiri.

Sebuah unit pelaksana teknis MeTTa yang memfasilitasi kegiatan pendampingan yang terkait dengan proses sertifikasi sebuah unit usaha mitra kerja dalam kaitannya sebagai kelompok usaha yang kredible dan ramah lingkungan. Baik yang bersifat mandatory maupun valountary Jasa konsultansi yang senantiasa difasilitasi oleh MeTTa meliputi:
√  Pendampingan Proses Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL)
√  Pendampingan Proses Verifikasi Legalitas Kayu (VLK)
√  Pendampingan Proses ISO 9001:2008 dan ISO 14001:2004
√  Pendampingan Proses Sertifikasi FSC dan PEFC 

Mobirise

FULL WIDTH INTRO

Full width intro with adjustable height, background image and a color overlay. Click any text to edit or style it.

Meganesia
Office & Workshop

Komplek IPB 1, Jalan Paus No. 61
Cluster D' Pallas Blok B2
Loji, Bogor, Jawa Barat 16117
Indonesia




The site was designed with Mobirise